Sabtu, 26 September 2015

Pancasila

Pancasila diresmikan dalam sidang I dari BPUPKI pada tanggal 1 juni 1945, ini dimaksud untuk dijadikan dasar negara Indonesia merdeka.
Pancasila juga berasal dari ajaran budha yang ada di dalam kitab tripika yaitu, panca yang berarti lima dan syila yang berarti dasar. Seperti isinya yang berjumlah lima. Menurut artikel yang saya baca Pengertian Pancasila menurut Ir. Soekarno, “Pancasila adalah jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat.” Nah, Kalau menurut saya Pancasila itu adalah cerminan dari kepribadian bangsa Indonesia, yang hidup di tanah air kita sejak dulu sampai sekarang. Karena, Pancasila bersifat universal dan akan mempengaruhi hidup dan kehidupan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia secara kekal dan abadi
Pancasila memiliki susunan yang bersifat logis, baik dalam arti susunan sila-silanya maupun isi arti dari sila-silanya. Dan susunan sila-sila Pancasila bersifat hierarkhis piramidal. Pancasila juga sebagai petunjuk arah kegiatan disegala bidang kehidupan, sehingga seluruh tingkah laku manusia harus dijiwai dan merupakan pancaran dari sila-sila Pancasila yang merupakan satu kesatuan. Dan kita harus memenuhi peraturan yang ada dan norma-norma yang berlaku didalamnya. Karena Indonesia itu berdiri atas fundamen yang kuat, dasar yang kokoh.

            Pancasila merupakan ideologi dasar bagi Negara Indonesia. Pancasila sebagai suatu ideologi tidak bersifat tertutup dan kaku, tetapi bersifat reformatif, dinamis dan terbuka (mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, iptek, serta perkembangan masyarakat). Jadi, intinya Pancasila bersifat terbuka adalah nilai-nilai dasar dari pancasila dapat dikembangkan sesuai dengan tuntunan perkembangan zaman. Sebagai ideologi yang bersifat terbuka maka secara struktural Pancasila memiliki tiga dimensi yaitu, Dimensi idealis, dimensi fleksibel, dimensi realitas. Fungsi Pancasila juga adalah sebagai sarana menyatukan masyarakat, menyelesaikan konflik, mencari nilai-nilai negara yang mempersatukan berbagai golongan masyarakat di seluruh Indonesia. Nah, segitu dulu pengertian Pancasila menurut artikel dan buku yang pernah saya baca, mohon maaf jika ada kekurangan atau salah kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar