Sabtu, 26 September 2015

Kebudayaan

Kebudayan menurut pengetahuan saya adalah pedoman bagi kehidupan sebuah masyarakat atau komuniti yang diyakini kebenarannya oleh warga untuk menghasilkan tindakan-tindakan yang revelan guna pemenuhan kebutuhan.
Kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddayah, bentuk jamak dari buddhi diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa inggris kebudayaan disebut dengan culture yang diartikan mengolah atau mengerjakan
Budaya terbentuk dengan unsur yang rumit termasuk sistem agama, sistem politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan, bahasa, karya seni, dan sebagainya.Budaya tidak pernah terpisahkan dari diri manusia, karena budaya bersifat turun-temurun dari nenek moyang dan banyak orang menganggap budaya itu diwariskan secara genetis.
Budaya itu dipelajari, contohnya jika kita berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya otomatis kita akan menyesuaikan perbedaan tersebut. Budaya itu bersifat kompleks, abstrak, dan luas.
Beberapa alasan mengapa orang banyak mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang yang berbeda budaya, karena adanya kebudayaan kita bisa tahu bagaimana karakter seseorang, dan karakter seseorang itu berbeda-beda. Dan budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang.
Komponen-komponen utama dari kebudayaan antara lain, Peralatan dan perlengkapan hidup,sistem mata pencaharian seperti berburu, beternak, bercocok tanam, menangkap ikan. Lalu, Sistem kekerabatan dan organisasi sosial, bahasa,kesenian, sistem kepercayaan, sistem ilmu dan pengetahuan.

Maka dari itu kita harus menghormati kebudayaan orang lain dan kita harus terus mewarisinya kepada anak cucu kita nanti, jadiikanlah manusia yang berbudaya yang baik, sopan dan santun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar